Jumat, 04 September 2015

Pelabuhan Loktuan BanjirManusia

Pelabuhan Loktuan Banjir Manusia

BONTANG – Puncak arus balik Lebaran via jalur laut terjadi kemarin (23/7). Sebanyak 1.631 penumpang KM Queen Soya tiba di Pelabuhan Loktuan, Bontang, Kalimantan Timur, dengan selamat pada pukul 15.30 Wita.
Mereka baru saja menempuh perjalanan ratusan mil dari Parepare, Sulawesi Selatan. Kedatangan kapal dengan tonase kotor 2.983 GT tersebut molor 1,5 jam dari jadwal semula, yakni pukul 14.00 Wita.
Kapal yang dinakhodai Suamir itu membawa 1.548 penumpang dewasa, 65 penumpang anak, dan 18 penumpang balita, serta 45 anak buah kapal (ABK). Selain itu, kapal tersebut mengangkut 7 mobil dan 30 motor. Kapal itu berangkat dari Parepare pada Rabu (22/7).
”Jumlah sekian dianggap tidak melebihi kapasitas. Sebab, bayi tidak masuk hitungan karena tidak menggunakan tiket serta tidak ada muatan barang,” kata Suwardi, operasional keagenan PT Samudra Intim Jaya Shipping.
Menurut dia, jumlah tersebut terbilang normal. Sebab, pada arus mudik 11 Juli lalu, jumlah penumpang lebih besar bila dibandingkan dengan arus balik, yakni 1.764 penumpang.
”Kapal masih normal. Itu terlihat dari batas kelebihan muatan kapal. Kalau kelebihan (muatan), air pasti di atas batas tersebut dan ini masih terbilang jauh,” ungkapnya.
Sementara itu, Kasilalin Perhubungan Laut Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Bontang Siswa Suwarna menyatakan bahwa KM Queen Soya yang datang kemarin merupakan kapal pertama arus balik dari Parepare. Lonjakan penumpang terjadi dalam kedatangan pertama kapal setelah Lebaran.
”Ini sudah dianggap puncaknya arus balik. Sebab, Senin depan anak sekolah mulai masuk. Karena itu, banyak yang pulang ke Bontang hari ini (kemarin, Red),” ujar dia.
Para penjemput pun kali ini sudah mulai tertib dan hanya menunggu di luar pagar. Berbeda dengan tahun lalu, petugas pengamanan kewalahan menjaga penjemput. (mga/JPG/c14/diq)

0 komentar:

Posting Komentar